Ini Penjelasan Tentang Kanker Serviks

Kanker Serviks yang biasa dikenal sebagai kanker leher rahim adalah salah satu jenis keganasan atau neoplasma yang lokasinya terletak di daerah serviks. (daerah leher rahim ataumulut rahim) Meskipun belum diketahui secara pasti. Kanker Serviks ini mempakan kanker yang 99,796 disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Serangan kanker ini pada tahap awal tidak menimbulkan gejala apapun. Tetapi, ketika kanker sudah masuk stadium lanjut atau saat sel kanker serviks sudah menginvasi jaringan di sekitarnya, kanker ini baru bisa terlihat. ltulah sebabnya, mengapa kanker jenis ini masuk dalam kategori silent killer.

Gejala Kanker Serviks

Karena timbulnya kanker serviks tanpa gejala yang khas, maka serangan kanker ini cukup mengkhawatirkan. Lalu, gejaIa apa yang dirasakan penderita ketika Kanker Serviks ini ketika sudah berada pada stadium lanjut? Berikut inilah tanda-tandanya:

Serangan kanker Serviks ditandai dengan keluarnya darah yang cukup banyak sehabis berhubungan seksuai (perdarahan post coitus). Darah tersebut kadang keluar bersama urin yang diikuti oleh rasa sakit. Jika hubungan seksual ini dilakukan pertama kali, ini adalah hal yang wajar. Namun jika tidak, perlu dicurigai adanya serangan Kanker Serviks tersebut.

Penderita juga mungkin akan mengalami pendarahan. Pendarahan ini biasanya sering dan berlangsung rutin. Kanker Serviks juga dapat ditandai dengan timbulnya keputihan yang abnormal. Jelas ini berbeda dengan keputihan biasa, keputihan yang abnormal ini biasanya dapat dibedakan dengan beberapa ciri seperti tekstur cairan yang kental dengan warna putih susu, kuning, kehijauan, atau keabu-abuan. Bahkan beberapa ahli mengatakan, warna keputihan yang berhubungan dengan kanker serviks ini, mempunyai warna merah dan cokelat. Cairan ini juga bersifat Iengket, berbau (tidak sedap), menimbulkan gatal, bisa meninggalkan bercak pada pakaian dalam, dan biasanya cairan tersebut Iebih banyak dari cairan keputihan biasa.

Selain itu, Kanker Serviks juga ditandai oleh timbulnya rasa sakit pada daerah pinggul. Kondisi ini juga diikuti oleh timbulnya rasa sakit pada paha, perut bagian bawah, dan begitu juga saat buang air kecil maupun besar.

Penyebab dan Faktor Risiko Adapun beberapa faktor risiko yang memicu terjadinya Kanker Serviks, bisa timbul karena beberapa hal berikut ini:

Usia di atas 40 tahun sangat rentan terhadap serangan kanker ini. Dari itu, semakin tua usia Anda, maka risiko kanker rahim akan semakin tinggi. Namun ini bukan berarti tidak mungkin menyerang usia muda.

POST REPLY