Diabetes, Apakah Bisa Sunat? Ini Dia Jawabannya

Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung dalam jangka waktu panjang ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi nilai normal. Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas untuk menurunkan kadar gula darah.

Penyakit diabetes memiliki risiko terjadinya luka yang sulit sembuh. Hal ini berhubungan dengan kandungan gula darah. Saat gula darah tinggi tak terkendali, membuat pembuluh darah arteri menjadi menyempit dan membuat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh terhambat.

klik banner konsultasi via wa

Penyempitan ini kemudian  menghambat suplai darah kebagian tubuh yang mengalami luka. Tubuh yang terluka ini padahal memerlukan oksigen dan nutrisi yang terdapat pada darah untuk membantu proses penyembuhan. Akibatnya, luka akan sulit menutup dan proses penyembuhan tidak bisa terjadi dengan cepat.

Lalu, bagaimana jika pria dewasa yang mengalami penyakit ini ingin melakukan sunat?

baca juga: persiapan sebelum sunat dewasa

Pria Dewasa Alami Diabetes dan Ingin Sunat

Sunat dewasa pada penderita diabetes bukan hal yang tidak mungkin dilakukan. Namun, perlu dilakukan persiapan yang tepat agar sunat dapat berjalan dengan lancar.

Diungkapkan oleh dr. Muhammad Zaiem dari Rumah Sunat dr. Mahdian, pada pasien sunat dewasa perlu dilakukan analisa apakah memiliki  penyakit yang berkaitan dengan proses pembekuan darah.

Tes darah pada orang yang sehat atau ada penyakit itu yang wajib adalah gula darah dan faktor pembekuan. Selama hasilnya normal, khitan bisa dilakukan. Jika pasien memiliki penyakit pembekuan darah, perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu.

Sementara jika memiliki diabetes atau hipertensi disarankan untuk mengonsumsi obat terlebih dahulu. “Hal ini dilakukan agar kadar gula atau tekanan darah terkontrol atau stabil. Jika sudah terkontrol, sunat baru bisa dilakukan,”ujarnya.

Sebelum melakukan sunat, pasien sunat dewasa di Rumah Sunat dr. Mahdian diminta untuk melakukan pemeriksaan laboratorium, seperti:

Dewasa Usia (20 – 40 tahun)
  • GDS (Gula Darah Sewaktu)
  • BT / CT (Bleeding Time / Clothing Time)
Dewasa Usia (>40 tahun)
  • PT – APTT
  • GDS (Gula Darah Sewaktu)
  • Hematologi Sederhana

baca juga: persiapan permeriksaan laboratorium sunat dewasa

Sebelum Sunat, Harus Jaga Pola Makan

Sebelum sunat, sebaiknya pasien perlu mejaga pola makan dan tidak boleh makan sembarangan agar kadar gula darah tidak meningkat. Makanan yang perlu dikonsumsi harus makanan yang bergizi rendah lemak , rendah kalori dan makanan yang memiliki kadar gula tinggi  agar kadar gula darah terjaga.

Rutin Olahraga Untuk Menjaga Kadar Gula Darah

Melakukan olahraga dengan rutin dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Namun, disarankan untuk melakukan jenis olahraga dengan menyesuaikan kondisi kesehatan. Olahraga yang dapat dilakukan adalah jalan cepat, senam diabetes, senam kaki, yoga, bersepeda, dan berenang.

klik banner konsultasi via wa

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang