Layanan Sunat Dewasa di Rumah Sunatan Balikpapan

Rumah Sunatan Balikpapan – Sunat dewasa bisa dilakukan karena sunat tidak mengenal batasan usia. Sunat dalam agama tertentu dilakukan pada usia anak-anak, bahkan ada yang dilakukan sejak bayi karena alasan kesehatan. Namun, bagi agama lainnya yang tidak mewajibkan sunat, banyak pria yang tidak melakukannya hingga dewasa. Padahal tidak sunat membawa berbagai risiko penyakit kelamin

Artikel berikut ini akan membahas sunat dewasa dan berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Simak hingga akhir untuk mendapatkan informasi terlengkap.

Sunat Dewasa

Sunat adalah proses memotong kulit kepala penis atau kulup. Di dalam agama tertentu, sunat wajib dilakukan sebagai tanda kedewasaan. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa sunat dilakukan dalam usia sangat dini dengan alasan kesehatan.

Dulu banyak pria dewasa yang tidak melakukan sunat karena ia berasal dari agama yang tidak mewajibkan sunat. Namun, saat ini sudah banyak pria dewasa yang sunat karena sadar akan manfaatnya bagi kesehatan.

Menurut WHO, sunat dapat mengurangi resiko terserang penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS. Setelah informasi ini tersebar, banyak pria yang melakukan sunat dewasa demi kesehatannya masing-masing.

Metode Sunat Dewasa 

Metode sunat stapler adalah tindakan medis sunat dengan cara modern. Stapler biasanya berbentuk seperti pistol dan pada bagian depan tampak mirip dengan lonceng atau glans bell. Melansir Healthline (2021), menyebut jika metode sunat stapler pertama kali berkembang pada negara Tiongkok. Sunat dengan metode ini bisa untuk pasien anak-anak maupun orang dewasa.

Kelebihan metode sunat stapler

gun staplerDunia medis terus berkembang dan berinovasi, termasuk pada metode sunat. Sunat stapler adalah salah satu perkembangan kemajuan metode sunat. Stapler dapat meminimalisir nyeri dan risiko pendarahan pada tindakan sunat anak dan dewasa. Selain untuk anak-anak metode stapler juga untuk pasien pria dewasa agar tidak khawatir melakukan tindakan sunat. Hal ini mengingat manfaat sunat yang cukup besar bagi anak-anak maupun pria dewasa.

Berikut beberapa kelebihan metode sunat stapler:

  1. Rasa nyeri yang timbul lebih ringan

Kelebihan metode sunat stapler adalah minim rasa nyeri. Hal ini berlaku saat tindakan sunat maupun sesudahnya. Menurut studi dalam Brazilian Journal of Medical and Biological Research (2021), menyebutkan jika metode sunat stapler lebih minim rasa sakit daripada metode sunat lainnya.

  1. Durasi tindakan

Metode sunat stapler hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit. Tentunya ini lebih cepat dari metode konvensional yang rata-rata memerlukan waktu hingga 30 menit saat tindakan sunat.

  1. Cepat sembuh

Metode sunat stapler juga cenderung lebih cepat sembuh dari pada metode lain, termasuk metode konvensional. Pada pasien dewasa misalnya, jika mereka memilih metode ini hanya memerlukan waktu kurang dari 1 minggu untuk proses penyembuhan bahkan bisa lebih cepat.

  1. Minim terjadi komplikasi

Penggunaan stapler bisa meminimalisir terjadinya bengkak dan juga pendarahan pada pasien. Dalam riset Asian Journal of Andrology tahun 2016 menyebutkan, metode sunat stapler lebih aman dari kondisi pembengkakan dan juga pendarahan pada pasien pasca sunat. Misalnya pada metode konvensional darah yang akan keluar bisa mencapai 9,4 mililiter, sementara dengan metode stapler hanya 1,8 mililiter.

Perawatan pasca-tindakan sunat stapler 

Metode sunat stapler memang lebih cepat sembuh pada pasien daripada metode lain. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan beberapa hal penting, setelah tindakan sunat, seperti:

  1. Biasakan menggunakan celana longgar,
  2. Mengganti perban secara berkala,
  3. Tidak menggunakan sabun pewangi saat membersihkan penis setelah sunat,
  4. Tidak menggosok penis secara berlebihan,
  5. Mengonsumsi makanan sehat, seperti, ikan salmon, telur, buah berry dan sayuran hijau,
  6. Minum obat dari dokter secara teratur,
  7. Istirahat yang cukup.

Manfaat

Sunat dewasa adalah hal tabu bagi beberapa pria dewasa karena merasa terlalu tua untuk melakukannya. Namun, karena sunat memiliki banyak manfaat, stereotip ini kemudian luntur secara perlahan. Berikut adalah beberapa manfaat sunat dewasa:

  • Sunat dewasa dapat mengurangi risiko kanker penis pada pria dan kanker serviks pada wanita
  • Mencegah kondisi fimosis (kulit kepala penis tidak bisa ditarik kembali) pada usia dewasa
  • Menjadi salah satu pencegahan terhadap penyakit Infeksi Saluran Kemih
  • Sebagai salah satu pencegahan terhadap penyakit balanitis (radang ujung kepala penis)
  • Mencegah penyakit melunar seksual (HIV/AIDS, dll) beserta risiko komplikasinya

Risiko Jika Tidak Sunat

Jika tidak melakukan sunat hingga usia dewasa, risiko untuk terserang berbagai penyakit akan semakin tinggi. Saat ini sudah banyak metode sunat modern yang nyaman dilakukan di usia dewasa sehingga Anda tidak perlu takut lagi. Sayangi tubuh Anda dengan menjaga kesehatan salah satunya dengan melakukan sunat.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan risiko sunat, Anda kini bisa memutuskan apakah harus sunat atau tidak. Pilih metode yang paling nyaman bagi Anda. Tidak perlu lagi melakukan sunat dewasa demi kesehatan Anda sendiri.

Rumah Sunatan Dewasa Balikpapan

Rumah Sunatan atau yang sekarang ini dikenal sebagai Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki lebih dari 30 cabang di Indonesia dan salah satunya di Balikpapan. Tak hanya melayani sunat anak, tapi juga sunat dewasa. Memiliki tenaga medis yang handal dan berpengalaman menangani sunat dewasa.

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan sunat dewasa dan bertempat tinggal di Balikpapan, Kalimantan bisa mengunjungi Rumah Sunatan Balikpapan yang berlokasi:

Jl. D.I Panjaitan No. 133, Kel. Sumber Rejo, Kec. Balikpapan Tengah
Kota Balikpapan Kalimantan Timur

Jangan lupa ya untuk mengunjungi Rumah Sunatan Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

0811-9620-225

marketingrumahsunat@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang