Manfaat Sunat bagi Pria Dewasa dan Persiapannya

Manfaat sunat dewasa sudah berhasil dibuktikan dengan adanya berbagai penelitian. Sebelum melakukannya, sunat dewasa membutuhkan persiapan mental dan fisik yang tepat.  Setelah WHO menyatakan bahwa sunat memiliki banyak manfaat bagi pria dewasa, sunat dewasa kini menjadi tren  pada berbagai kalangan. 

Manfaat Sunat bagi Pria Dewasa

Ada 3 manfaat utama sunat bagi pria dewasa, yaitu menjalankan syariat agama (bagi Islam dan Yahudi), manfaat medis, dan pencegahan terhadap penularan HIV/AIDS. Mungkin beberapa orang banyak yang melakukan sunat hanya karena memenuhi kewajiban kepercayaan dan kebudayaan setempat. Tanpa mereka ketahui, kewajiban dalam kepercayaan tersebut ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dalam bidang medis, sunat menjadi salah satu pencegahan terhadap kondisi fimosis. Kondisi ini membuat kulit kepala penis tidak bisa menariknya kembali. Jika terus membiarkan tanpa penanganan, kondisi ini akan berakibat pada penyakit radang ujung kepala penis. Sunat merupakan salah satu cara  untuk menangani kondisi fimosis.

Persiapan Sunat bagi Pria Dewasa

Konsultasi adalah hal paling penting sebelum melakukan sunat. Dokter akan memberikan anjuran setelah melakukan wawancara dengan pasien yang akan sunat. Konsultasi bertujuan untuk mengetahui apakah pasien memiliki alergi terhadap obat tertentu dan mempertimbangkan metode yang paling nyaman untuk pasien.

Kemudian, sebaiknya bertanya terkait pantangan apa saja yang harus pasien hindari sebelum melakukan sunat. Semua pertanyaan harus dipastikan supaya tidak ada miskomunikasi.

Metode Gun Stapler

Gun stapler merupakan metode sunat modern terbaru yang terdiri dari knob, glans bell, pelatuk, dan pisau bedah. Pisau bedahnya berbentuk melingkar dan stapler jahit. Gun stapler tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 12, 15, 18, 21, 26, 30 dan 36.

Alatnya berbentuk seperti pistol dengan badan seperti bel (lonceng) atau glans bell yang terdiri dari dua bagian. Lonceng bagian dalam untuk melindungi kelenjar di sekitar penis dan lonceng bagian luar terdiri dari pisau bundar untuk memotong kulit kulup dan staples untuk menutup luka sunat.

Selama proses sunat dengan gun stapler, pasien dewasa akan merasa nyaman.  Selain memberikan kenyamanan bagi pasien, metode ini juga dapat memberikan kemudahan dalam pengoperasian bagi para dokter sunat.

Terdapat beberapa penelitian mengenai metode gun stapler. Hasil penelitian menunjukkan, waktu tindakan singkat, yaitu 4-5 menit, minim rasa nyeri dan minim perdarahan. Komplikasi setelah sunat jauh lebih rendah daripada sunat konvensional.

Bagaimana jika membandingkan dengan metode konvensional? Membandingkan dengan metode sunat konvensional yang membutuhkan proses sunat yang lama, proses penyembuhan yang cukup memakan waktu, masih memerlukan jahitan, menggunakan metode sunat gun stapler adalah pilihan yang tepat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

0811-9620-225

marketingrumahsunat@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang