Manfaat Sunat Dewasa, Yuk Cari Tahu!

Dalam agama Islam wajib hukumnya bagi laki-laki melakukan sunat dengan tujuan membuat alat kelaminnya menjadi lebih bersih dan suci. Selain untuk membantu menjaga kebersihan dan kesucian, manfaat sunat dewasa lainnya adalah untuk kesehatan laki-laki maupun pasangan perempuannya dan juga untuk kepuasan seksual.

Manfaat Sunat Dewasa bagi Kesehatan Laki-Laki

Sunat atau dalam istilah medisnya, sirkumsisi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu melindungi risiko penyakit menular seksual

Penis yang tidak disunat, faktanya lebih rentan terhadap bakteri sehingga lebih berisiko pada penyakit menular seksual. Penghilangan preputium atau sunat dapat membantu melindungi laki-laki dari berbagai penyakit ini. Beberapa penyakit menular seksual yang mungkin saja diderita antara lain; Sifilis, Gonore, dan Herpes Genital

2. Membantu Mengurangi risiko penularan HIV

Melalui sunat atau menghilangkan kulup dapat membantu mengurangi jumlah sel-sel yang ditargetkan HIV . WHO menyatakan bahwa sunat dapat membantu mengurangi risiko HIV, apabila sunat dilakukan oleh tenaga medis yang profesional dengan profesional

3. Membantu menghindari risiko fimosis

Fimosis ditandai oleh sulitnya kulup pada penis ditarik keluar melewati kelenjar penis. Kondisi ini tentunya akan membuat tidak nyaman karena akan menimbulkan rasa sakit yang pada saat ereksi. Saat tidak ereksi dan kulup menutup kembali, rasa sakit itu menghilang. Melalui sunat fimosis dapat dihindari.

4. Membantu menghindari risiko parafimosis

Parafimosis adalah kondisi saat kulup tidak dapat kembali ke posisi semula ke kepala penis setelah ditarik ke belakang. Kondisi ini dapat terjadi pada semua laki-laki segala usia yang belum disunat. Melalui sunat dapat membantu menghindari risiko parafimosis.

5. Menghindari risiko balantitis dan balanopostitis

Balanitis adalah peradangan yang terjadi pada ujung kepala penis (glans penis). Balanopostitis adalah peradangan menyeluruh pada kepala penis (glans penis) dan kulitnya (kulup). Sebagian besar kasus merupakan nonspesifik, biasanya disebabkan oleh kebersihan penis yang tidak memadai. Laki-laki yang tidak disunat, biasanya kebersihan penisnya kurang.

6. Membantu menurunkan risiko infeksi kandung kemih

Penelitian dari American Academy of Pediatrics (AAP) pada tahun 2018, menyatakan bahwa sunat dapat membantu menurunkan risiko infeksi saluran kemih.

7. Membantu menurunkan risiko kanker prostat

Kanker prostat terjadi ketika adanya pertumbuhan sel yang tidak wajar di kelenjar prostat. Menurut penelitian Jonathan L Wright (2012), sunat sebelum berhubungan seksual pertama seorang laki-laki dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat sebanyak 15%.

Wright menjelaskan, infeksi menular seksual dapat memicu kanker prostat. Pada laki-laki yang disunat dapat membantu menurunkan risiko infeksi menular seksual dan kanker prostat.

Manfaat Sunat Dewasa Bagi Kepuasan Seksual

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Chicago, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa sunat dewasa dapat meingkatkan kenikmatan seksual dan dapat menurunkan cedera karena berhubungan seksual.

Pada sebuah studi tahun 2011, Laki-laki dewasa yang telah disunat cenderung memiliki tingkat infeksi HPV yang lebih rendah dan begitu pula dengan pasangan perempuan mereka. Kurang lebih sekitar 40 persen perempuan melaporkan lebih puas secara seksual setelah pasangannya disunat; alasannya – kebersihan yang lebih baik.\

baca juga: virus hpv akibat tidak disunat

Risiko Jika Sunat Dilakukan Tepat

Sunat adalah prosedur medis yang relatif aman. Namun, masih ada kemungkinan risiko yang terjadi apabila dilakukan kurang tepat yang dapat menyebabkan sebagai berikut:

  1. Kulup dipotong terlalu pendek
  2. Luka tidak kunjung sembuh dengan baik.
  3. Perdarahan
  4. Kasus yang sangat jarang terjadi, terpotongnya kepala penis yang tidak disengaja

Kemungkinan di atas dapat terjadi, apabila:

  • Alat sunat yang digunakantidak steril
  • Dokter yang tidak berpengalaman atau tidak terlatih
  • Sunat dilakukan oleh dukun

Apabila sunat atau dalam bahasa medisnya sirkumsisi ini dilakukan oleh dokter yang sudah terlatih dan berpengalaman dan menggunakan alat sunat yang steril kemungkinan risiko komplikasi terjadi dapat berkurang.

Jangan Asal Memilih Tempat Sunat Dewasa

Agar terhindar dari kemungkinan risiko yang dapat terjadi, pemilihan tempat sunat dewasa menjadi salah satu faktor yang menentukan. Sunat yang aman adalah sunat di klinik yang memiliki dokter berpengalaman dan alat sunat yang steril.

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan klinik khusus sunat untuk segala usia yang memiliki dokter yang berpengalaman. Telah berdiri sejak tahun 2006 dan memiliki lebih dari 40 cabang di Indonesia, telah berhasil mengkhitankan lebih dari 150 ribu pasien dari anak hingga dewasa.

Alat sunat yang digunakan steril dan satu kali pakai untuk menghindari risiko kontaminasi silang bakteri/virus penyebab penyakit. Untuk mengetahui lokasi Rumah Sunat dr. Mahdian terdekat dari rumah Anda silakan mengunjungi website resmi kami di www.rumahsunatan.com atau menghubungi call center kami di 0811 1661 005 .

baca juga: klinik sunat dewasa yang aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang