Pengobatan Sifilis dan Cara Mencegahnya

Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang dapat menimbulkan komplikasi yang sangat serius jika tidak ditangani, tetapi dapat disembuhkan apabila mendapatkan pengobatan sifilis yang tepat.

Sifilis adalah infeksi bakteri yang biasanya menyebar melalui hubungan seksual. Penyakit ini dimulai sebagai luka yang tidak menimbulkan rasa sakit – biasanya pada alat kelamin, rektum atau mulut. Infeksi bakteri ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui  kontak luka pada kulit  dan selaput lendir, bahkan juga dapat ditularkan dari ibu ke bayi yang belum lahir.

klik banner konsultasi via wa

Pengobatan Sifilis

Sifilis dapat disembuhkan dengan diagnosis dan pengobatan cepat. Tetapi jika terlambat diobati, dapat berisiko merusak jantung dan otak Anda secara permanen bahkan setelah infeksinya hilang.

Pengobatan sifilis dapat dilakukan dengan suntikan antibiotik penisilin. Jika Anda menderita sifilis pada tahap awal, penyuntikan penisilin. Apabila Anda berada pada tahap yang lebih lanjut, Anda memerlukan dosis tambahandan frekuensi pemberian obat yang lebih sering.

Beberapa orang dengan sifilis mengalami reaksi sistem kekebalan yang disebut reaksi Jarisch-Herxheimer beberapa jam setelah pengobatan pertama mereka. Ini mungkin termasuk demam, menggigil, sakit kepala, sakit perut, ruam, atau nyeri sendi dan otot.

Pencegahan Sifilis

  • Abstain atau monogami. Satu-satunya cara pasti untuk menghindari sifilis adalah dengan tidak melakukan hubungan seks. Pilihan terbaik berikutnya adalah melakukan hubungan seks monogami di mana kedua orang berhubungan seks hanya dengan satu sama lain dan tidak ada pasangan yang terinfeksi.
  • Gunakan kondom lateks. Kondom dapat mengurangi risiko Anda tertular sifilis, tetapi hanya jika kondom menutupi luka sifilis.
  • Hindari narkoba. Penyalahgunaan alkohol atau obat lain dapat menghambat penilaian Anda dan mengarah pada praktik seksual yang tidak aman.
  • Lakukan pemeriksaan atau tes untuk mendeteksi sifilis. Jika hasil tes positif, penting untuk menyelesaikan perawatan lengkap. Pastikan untuk menghabiskan seluruh antibiotik, bahkan jika gejala hilang. Hindari juga semua aktivitas seksual sampai dokter memberi tahu Anda bahwa itu aman. Pertimbangkan untuk menjalani tes HIV juga. Orang yang dites positif sifilis harus memberi tahu semua pasangan seksual mereka baru-baru ini sehingga mereka juga dapat dites dan menerima pengobatan.
  • Skrining untuk wanita hamil.Orang bisa saja tertular sifilis tanpa mengetahuinya. Mengingat efek sifilis yang sering mematikan pada bayi yang belum lahir, pejabat kesehatan merekomendasikan agar semua wanita hamil diskrining untuk penyakit ini.
  • Melakukan Sunat. Penghilangan preputium atau sunat dapat melindungi laki-laki dari berbagai penyakit ini. Bagi pria dewasa yang belum melakukan sunat, sebaiknya segera melakukan sunat. Kulit kulup rentan robek saat berhubungan seks, yang akan memberikan virus dan bakteri sebuah jalur mudah untuk masuk ke dalam tubuh. Selain itu,  penderita HIV lebih rentan terhadap penularan dan menjadi penyebar sifilis.

klik banner konsultasi via wa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang