Sirkumsisi Saat Dewasa, Lebih Banyak Manfaat Atau Risikonya?

Melakukan Sirkumsisi atau sunat saat dewasa  dulu memang bukanlah hal yang umum karena masih banyak yang malu dan belum mengetahui manfaatnya. Namun, sekarang ini sirkumsisi dewasa bukan lagi hal yang aneh apalagi langka, sudah banyak pria dewasa yang mau menjelani tindakan medis satu ini. 

Dalam budaya Indonesia sendiri dan kebudayaan lainnya, sirkumsisi/sunat dilakukan ketika masih bayi atau saat usia 7 tahun. Kendati demikian, sirkumsisi saat dewasa ternyata bukanlah suatu masalah loh. Hal ini karena, tidak ada batasan umur dalam hal sunat, apalagi sunat ini banyak manfaatnya dari segi kesehatan. Nah, agar lebih memahami manfaat dan risiko pada sunat dewasa, yuk simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Manfaat sirkumsisi pada pria dewasa 

Sirkumsisi atau sunat merupakan tindakan untuk memotong atau menghilangkan sebagian kulit pada kulup atau kepala penis. Mengutip dari artikel Healthline (2019) menyebutkan bahwa beberapa orang dewasa memutuskan sunat untuk alasan medis maupun untuk pengobatan. Beberapa penyakit seperti fimosis (kulit melekat pada kepala penis), parapimosis (ketika kulit kepala tidak dapat kembali pada posisi semula ketika tertarik) dan balanitis (peradangan pada kepala penis) tersebut mampu teratasi dengan tindakan sunat. Selain itu, berikut juga beberapa manfaat sunat untuk kesehatan, seperti: 

  • Mengurangi risiko penularan penyakit seksual, seperti HIV atau penyakit lainnya. 
  • Meminimalisir risiko infeksi kandung kemih
  • Mencegah infeksi dan iritasi pada penis 
  • Meningkatkan kebersihan di area penis 
  • Mengurangi risiko terjadinya kanker penis 

Baca juga: Benarkah Sirkumsisi Dewasa Bisa Memengaruhi Kadar Testosteron? Ini Dia Jawabannya!

Risiko sirkumsisi pada orang dewasa 

Hampir semua tindakan/prosedur medis pasti memiliki risiko, begitupun dengan sunat. Namun, hal tersebut mampu di minimalisir dengan memilih metode yang tepat, dan tempat klinik sunat yang sudah terpercaya.

Solusi untuk sirkumsisi yang lebih minim risiko 

Salah satu solusi untuk meminimalisir risiko komplikasi saat tindakan sunat adalah dengan memilih metode sirkumsisi yang tepat dan memilih tempat sunat yang sudah terpercaya. Gun stapler merupakan metode sunat modern khusus untuk sirkumsisi pada pria dewasa.  Berikut adalah beberapa kelebihan lainnya dari metode gun stapler, di antaranya: 

  • Proses tindakan sirkumsisi lebih cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja 
  • Minim risiko
  • Nyeri minimal 
  • Minim perdarahan 
  • Pasien bisa langsung beraktivitas seperti biasanya setelah sirkumsisi selesai 
  • Proses penyembuhan lebih cepat, biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 hari

Kenapa harus sunat di Rumah Sunat dr.Mahdian?

Selain memilih metode yang tepat, pemilihan klinik/tempat sunat pun menjadi faktor kemanan pada pasien yang akan melakukan sunat dewasa. Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan salah satu klinik yang sudah beroperasi sejak tahun 2006 dalam melakukan ratusan ribu pasien sunat. Tak hanya melayani sunat untuk anak, Rumah Sunat dr.Mahdian juga menyediakan layanan sunat dewasa menggunakan metode gun stapler, dan dilakukan oleh dokter professional dan berpengalaman dalam menyunatkan pasien sunat. Tak hanya itu, Rumah Sunat dr. Mahdian juga menyediakan kontrol pasca sunat gratis pada seluruh pasien tindakan sunat, menyediakan kit perawatan sunat, dan pastinya akan selalu mengedepankan privasi, keamanan, dan kenyamanan pada seluruh pasien. 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

0811-9620-225

marketingrumahsunat@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang