Sunat Massal Dewasa Langka dan Tak Biasa

Sunat massal dewasa merupakan momen yang langka dan tak biasa karena umumnya, acara ini pesertanya adalah anak-anak. Sunatan massal dewasa lebih sulit terselenggara, dibandingkan dengan sunatan massal yang pesertanya adalah anak-anak.

Sulitnya Melakukan Sunat Massal Dewasa

Belum teredukasinya masyarakat

Sulitnya mencari pasien sunat dewasa karena kebanyakan laki-laki dewasa ragu untuk melakukannya. Selain itu, kebanyakan dari mereka hanya tahu sunat atau khitan berasal dari agama Islam dan proses sunat adalah sebagai salah satu syarat masuk Islam.

Hal ini pun sempat terjadi pada komika, Marshel Widianto yang baru melakukan khitan pada usia 23 tahun. Sebelum melakukan khitan, ia terlebih dahulu izin kepada orangtuanya.

“Pamit dulu sama orangtua, bilang mau sunat. Eh, bapak saya malah nyangkanya saya mau pindah agama. Ibu saya juga langsung ikutan panik. Padahal, ini kan untuk kebersihan dan kesehatan,” ceritanya.

Pemeriksaan laboratorium bagi peserta

Proses khitan pada dewasa dan anak-anak sebenarnya sama saja, hanya saja berbeda pada persiapan dan metode khitannya.

Bagi laki-laki dewasa, sebelum khitan perlu melakukan pemeriksaan laboratorium terlebih dahulu. Khususnya, bagi mereka yang memiliki kondisi medis tertentu, seperti diabetes. Hal ini dilakukan agar dokter mengetahui kondisi kesehatan pasien dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Waktu Tindakan Lebih Lama

Pada sunatan massal anak-anak biasanya akan memerlukan waktu sekitar 35 menitan. Nah, pada dewasa akan memerlukan waktu yang lebih lama karena perlu kehati-hatian yang tinggi. Selain itu, belum terlalu banyak praktisi khitan yang berpengalaman menangani pasien dewasa. Lama waktu tindakan khitan bergantung pada metode yang digunakan.

Alasan Kenapa Harus Sunat

Tindakan khitan sebenarnya bukan saja berdasarkan agama dan budaya. Tetapi, juga untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan manfaat sunat bagi kesehatan, salah satunya membantu mencegah penyakit menular seksual. Jika sudah tahu dan teredukasi, seharusnya tak perlu lagi ragu untuk melakukan sunat.

Selain itu, ternyata kebanyakan laki-laki dewasa yang memilih untuk melakukan khitan berdasarkan saran pasangannya. Bagi para perempuan, laki-laki yang telah khitan jauh lebih bersih dan sehat.

 

Sampai saat ini, acara sunatan massal khusus dewasa memang masih langka. Namun, jika  acara ini dapat terselenggara,  bagi Anda yang ingin mengikutinya, sebaiknya  cobalah menanyakan informasi tentang acara tersebut. Mulai dari siapa praktisi khitannya, metode khitannya apa, persiapan apa saja sebelum tindakan, dan berapa lama proses penyembuhannya. Begitupun bagi Anda (pribadi, yayasan, atau perusahaan) yang ingin menyelenggarakan acara sunat massal ini, perlu mengetahui informasi-informasi tersebut. Pilihlah, penyedia jasa layanan khitan yang sudah berpengalaman menangani acara sunatan massal dan menangani pasien dewasa.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang