Telat Sunat, Ketahui Risiko Tindakan Sunat Laser Dewasa

Sunat laser dewasa adalah tindakan umum pada pria yang belum melakukan tindakan sunat saat anak-anak. Tindakan sunat menjadi pilihan pria karena alasan agama hingga alasan kesehatan. Sunat sendiri memiliki berbagai manfaat baik untuk pria, namun, selain itu sunat laser dewasa juga memiliki faktor risiko.

Sunat adalah tindakan medis yaitu melepaskan kulit yang menutup bagian ujung kepala penis atau biasa disebut dengan kulup. Prosedur sunat laser dewasa sama seperti dengan sunat pada anak anak.

Melansir Britania Raya National Health Service (2021), menyebutkan ada berbagai manfaat bagi pria dewasa yang melakukan tindakan sunat, seperti:

  1. Sunat untuk alasan medis. Pria dewasa yang melakukan sunat biasanya akibat terkena penyakit fimosis. Kondisi penyakit ini membuat kulup pada bagian penis menjadi terlalu ketat sehingga tidak bisa kembali pada kepala penis. Karena hal inilah maka tindakan sunat sangat bermanfaat untuk kesehatan karena bisa menghindari risiko penyakit fimosis dan juga balanitis.
  2. Sunat karena alasan agama dan budaya. Tindakan sunat dalam beberapa komunitas agama dan budaya adalah tindakan wajib. Karena hal inilah maka sebagian besar pria menjalani tindakan sunat sebagai sebuah kewajiban.
  3. Sunat mencegah HIV. Pada sejumlah penelitian, membeberkan fakta bahwa sunat bisa mengurangi risiko terjadinya HIV pada pria. CDC atau Center Disease Control and Prevention bahkan menyarankan untuk pria melakukan tindakan sunat untuk melindungi pasangan mereka.

Bahaya sunat laser dewasa 

Bahaya sunat laser

Umumnya tindakan sunat laser dewasa tidak menimbulkan komplikasi penyakit yang serius. Beberapa efek samping setelah sunat laser dewasa seperti, pembengkakan, pendarahan, dan infeksi. Namun, kondisi ini cukup jarang terjadi.

Melansir Mayo Clinic (2021) kejadian perdarahan setelah tindakan sunat laser dewasa bisa terjadi 1 dari 50 orang dewasa yang melakukan tindakan sunat. Namun bila kondisi ini terjadi, pasien sebaiknya tidak perlu khawatir. Pasien bisa langsung menghubungi dokter untuk memberikan resep obat dan juga teknik untuk mengurangi nyeri dan juga pendarahan yang terjadi.

Berikut beberapa risiko ataupun bahaya melakukan sunat laser dewasa:

  1. Berkurangnya sensitivitas pada penis saat berhubungan seks,
  2. Penis terasa nyeri,
  3. Bekas jahitan yang lama menghilang,
  4. Kemungkinan terjadinya gagal sunat dan mengharuskan pria mengulangi tindakan sunat.

Meskipun memiliki beberapa risiko, namun secara keseluruhan tindakan sunat laser dewasa adalah tindakan medis yang aman. Memang saat tindakan sunat, bagian saluran kemih, prostat, pembuluh darah dan saraf akan terluka. Hal ini akan menimbulkan masalah saat buang air kecil. Namun, hal tersebut tidak akan berlangsung lama dan bisa segera sembuh.

Setelah tindakan sunat, pasien juga akan mengalami, nyeri pinggul, bengkak, atau bahkan mati rasa pada bagian penis. Selain itu, penis akan terasa sakit saat terjadi ereksi, ketika luka sunat belum sembuh.

Risiko sunat pada orang dewasa memang cukup rendah, namun risiko ini akan tetap lebih tinggi daripada anak-anak. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter di Klinik Rumah Sunatan dr Mahdian untuk mengetahui metode sunat yang tepat terutama pada pasien dewasa.

Persiapan dan prosedur 

Sebelum melakukan prosedur sunat, pasien perlu berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan kondisi dan juga metode apa yang paling tepat. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan, mengecek alergi obat dan juga jenis penyakit yang pasien derita.

Selain itu pasien dewasa juga sebaiknya berkonsultasi terkait aktivitas seksual yang biasa dikerjakan, serta makanan sehat sebelum sunat untuk proses penyembuhan yang cepat. Pada hari pelaksanaan usahakan siapkan segala kebutuhan dengan matang. Karena hal ini membutuhkan perawatan yang baik setelah tindakan sunat. Hindari menyetir sendirian ke rumah sakit, kamu bisa meminta bantuan keluarga maupun kerabat dekat untuk menemani tindakan ini.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih, Bekasi 17423

0811-9620-225

marketingrumahsunat@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang